Griya Jahit

Trend Busana Muslim 2012

In Fashion on December 31, 2011 at 17:54

Busana muslim telah lama ikut meramaikan dunia fesyen Indonesia. Tak ketinggalan dalam perhelatan akbar Jakarta Fashion Week (JWF) 2012, akan menampilkan rangkaian koleksi baju muslim. Bagaimana tren busana muslim tahun mendatang?

Pada pagelaran JFW tahun ini bisa menjadi bukti industri busana muslim Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan. Hal ini ini terlihat, busana muslim Indonesia semakin menarik dipakai semua kalangan. Selain itu, ekspor busana muslim ke negara Malaysia, Turki, Brunei, Uni Emirat Arab, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya meningkat. “Motif, warna, variasi dari desain busana muslim Indonesia pun kini telah menjadi acuan dari tren busana muslim,” ungkap Svida Alisjahbana, CEO Femina Group, selaku pihak penyelenggara JWF.

Lebih Simple

Busana muslim sekarang muncul dengan ragam desain up to date mengikuti tren. Para perancang terlihat begitu mahir mengimplementasikan ragam tren busana mus­
lim, yang tetap mengikuti norma agama.

Sama dengan prediksi trend fashion Indonesia 2012, trend busana muslim tahun depan diperkirakan memakai nilai-nilai kearifan lokal yang dipadu sentuhan modern. Selain itu, akan muncul style dan bersih dalam cutting. Sedangkan warna-warna teduh putih, abu-abu dan natural, menjadikan busana muslim lebih elegan.

Merry Purnomo, melihat tren baju muslim tahun depan akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Dua tahun lalu busana muslim dengan bentuk kaftan menjadi tren. Tahun mendatang akan kembali ke bentuk klasik dan permainan warna-warna netral.

Dia akan menampilkan koleksi lahir dari inspirasi dari film Pirates of The Carribean. Busana karyanya muncul dengan rancangan klasik, seperti celana panjang, rok tumpuk, jaket, kasual. Ia juga menghadirkan busana warna netral seperti putih, krem, beige, dan memberi sentuhan batik Madura.

Hal senada diungkapkan Irna Mutiara, menurutnya tahun mendatang baju muslim akan cende­rung lebih simpel, minimalis dan nyaman. Namun tetap terlihat mewah, dengan pemilihan bahan berkualitas menggunakan teknik jahit sulit. Ia menampilkan tema Wonderful Grows. Inspirasinya datang dari gaya hidup peduli lingkungan (back to nature). Ia juga menuangkannya dalam rangkaian koleksi busana dengan warna hijau dan biru, serta bahan taffeta, power knit dan sutra alam.

Para perancang busana muslim tergabung Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) lain yang akan tampil dalam fashion show di JWF tahun ini: Dian Pelangi, Hannie Hananto, Nieta Hidayani, Jeny Tjahyawati dan Iva Latifah. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: