Griya Jahit

Desain Baju

In Fashion on December 27, 2011 at 00:21

Baju atau busana merupakan kebutuhan sandang yang wajib kita penuhi. Ada berbagai macam dan jenis baju yang kita miliki. Baju-baju tersebut kita gunakan untuk berbagai keperluan dalam keseharian kita. Baju yang dikenakan dapat menunjukkan identitas pemakainya. Baju juga bisa menunjukkan karakter seseorang.

Pentingnya baju dalam menunjang penampilan sehari-hari membuat para desainer baju berlomba-lomba menciptakan berbagai model dan desain baju. Beda aktivitas, beda pula baju yang kita kenakan. Tak heran jika di lemari kita penuh dengan baju. Ada baju untuk santai, kerja, olahraga, keperluan di luar rumah, sampai baju pesta.

Desain Baju untuk Berbagai Keperluan

Aktivitas yang cukup tinggi, membuat kita harus selektif dalam memilih baju. Jangan sampai salah kostum atau bahkan memiliki baju “kembar” dengan orang lain. Tidak mungkin juga kita menggunakan baju yang sama untuk semua aktivitas kita. Berikut beberapa desain baju untuk berbagai keperluan Anda.

1. Baju Santai

Baju ini merupakan baju yang sehari-hari kita kenakan di rumah. Untuk baju santai didesain dengan simpel dan sederhana. Biasanya,
2. Baju Kerjabaju santai didominasi oleh kaos atau t-shirt, celana panjang atau pendek berbahan katun, bahkan baju tidur. Fungsinya yang hanya dikenakan di rumah ini dibuat tanpa banyak menambahkan ornamen dan berpotongan lurus.

Khusus baju kerja didesain secara khusus pula. Baju kerja merupakan baju formal, karena Anda akan bertemu banyak orang di kantor. Baju kerja didesain berupa kemeja, baik lengan pendek mau pun lengan panjang. Baju kerja dibuat dengan bahan agak sedikit kaku. Desainnya pun memerlukan banyak potongan, contohnya blazer dan jas.

3. Baju Pesta

Baju pesta dikenakan hanya sesekali saja, oleh karena itu didesain berbeda dengan jenis baju yang lainnya. Untuk baju pesta, desain yang digunakan cukup rumit. Baju pesta didesain dengan banyak ornamen pendukung seperti pita, renda, puring, kerah, dan teknik jahit yang khas. Membuat desain baju pesta membutuhkan waktu yang lama dibanding dengan baju-baju lainnya.

4. Baju Batik

Batik saat ini menjadi tren berbusana khususnya di Indonesia. Desain baju batik tidak lagi dibuat hanya sebatas kain. Batik sekarang sudah dibuat dalam berbagai model. Desain baju batik dibuat khusus karena menggunakan jenis bahan yang khusus pula. Biasanya, desain baju batik dibuat simpel dan sederhana supaya corak batik yang menjadi daya tariknya lebih menonjol.

5. Baju Muslim

Khusus baju muslim didesain menutup semua tubuh kita dari leher hingga kaki. Desain baju muslim tidak banyak memerlukan potongan, hanya saja memerlukan banyak bahan. Desain baju muslim biasanya berupa model baju kurung, gamis, jubah atau abaya.
Tips Memilih Desain Baju

Setiap
orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda satu sama lainnya. Demikian juga, desain baju. Tidak semua desain baju cocok dikenakan semua orang. Misalnya, mereka yang berbadan gemuk tidak cocok mengenakan baju dengan desain model lengan lonceng karena akan terlihat makin gemuk.

Berikut ini merupakan tips memilih desain baju.
Sesuaikan
bentuk badan dengan desain baju yang akan dipilih. Untuk yang berbadan gemuk, pilihlah desain baju dengan potongan vertikal, dan bagi yang berbadan kurus atau kecil pilihlah desain baju dengan potongan horizontal.
Jangan
memilih desain baju yang rumit seperti memilih desan baju tumpuk, yaitu desain baju yang dibuat berlapis-lapis. Desain baju berlapis ini hanya cocok bagi mereka yang memiliki postur tubuh yang tinggi, sedangkan bagi mereka yang bertubuh pendek, akan terlihat seperti tenggelam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: